Kandungan Surat An Nasr Beserta Arti dan Terjemahannya

Tidak ada komentar

 


Surat An Nasr berada di urutan ke-110 dalam Alquran yang terdiri dari 3 ayat. Nama An Nasr diambil dari ayat pertama dari surat tersebut dan digolongkan ke dalam surat Madaniyah. An Nasr memiliki arti “kemenangan, bantuan, dan pertolongan”. Dilansir dari buku Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah oleh Fida Abdilah dan Yusak B., surat ini diturunkan sebagai tanda berita gembira atas perjuangan Rasulullah dalam mendakwahkan Islam. Salah satunya dengan berbagai kemenangan dalam menaklukan wilayah Kota Mekkah.

Bacaan Surat An Nasr Beserta Arti dan Terjemahan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

1

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ

iżā jā`a naṣrullāhi wal-fat-ḥ

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

2

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

wa ra`aitan-nāsa yadkhulụna fī dīnillāhi afwājā

dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

3

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

fa sabbiḥ biḥamdi rabbika wastagfir-h, innahụ kāna tawwābā

maka bertasbihlah dalam dengan Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

Kandungan Surat An Nasr

Ulama tafsir, Ibnu Katsir berpendapat, dengan menjelaskan bahwa surah An Nasr turun saat Haji Wada' (haji perpisahan) ketika Nabi Muhammad di Mina. Pendapat lain mengemukakan turunnya sebelum penaklukan kota mekah (fathu makkah) pada bulan Ramadhan tahun 8 Hijriah.

Adapun beberapa diantara isi kandungan surat An Nasr yakni dijelaskan sebagai berikut, Menjelaskan mengenai kemenangan Rasulullah SAW dalam peristiwa Fathu Mekah. Dalam peristiwa tersebut Rasulullah sempat diusir oleh orang musyrikin Arab setelah beliau menyebarkan atau mendakwahkan agama Islam.

Ada dua hal yang menjadi penyebab turunnya surah ini. Penyebab pertama yaitu surah An Nasr mengabarkan kemenangan yang menyebabkan orang-orang Arab berbondong-bondong memeluk agama Islam. Dimana sebelumnya kaum Quraisy di Mekkah yang sebelumnya menyerang kaum Muslimin akhirnya memeluk agama Islam. tidak ada pertumpahan darah sedikit pun dalam peristiwa ini, karena kaum kafir Quraisy Mekkah menyerah tanpa perlawanan. Bahkan Rasulullah SAW sebagai panglima perang membebaskan seluruh penduduk Mekkah yang dahulu memusuhinya. Melalui surat An Nasr, Allah SWT mengingatkan kaum Muslimin untuk bersyukur dan bertasbih memuji-Nya, serta meminta ampunan atas segala kesalahan. Karena semua kemenangan tersebut adalah atas pertolongan Allah SWT semata.

Penyebab selanjutnya yaitu turunnya surah An Nasr ini memberikan isyarat telah dekatnya ajal dari Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadits dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad meminta putrinya Fatimah radhiyallau anha untuk mendekat seusai surah An Nasr turun. Fatimah lalu menangis ketika Nabi Muhammad memberitahukan bahwa waktu kematiannya telah dekat. Namun, Fatimah seketika tersenyum tatkala Nabi Muhammad bersabda, angan menangis, karena sesungguhnya engkau adalah keluargaku yang paling awal menyusulku.” (HR. Ad Darimi dan Thabrani. Hadits hasan).

Demikian Kandungan Surat An Nasr Semoga Bisa Bermanfaat

Baca Surah Selanjutnya : Surah Al Lahab

Komentar

Popular Posts