Kandungan Surat Al Falaq Beserta Arti dan Terjemahannya

Tidak ada komentar

 


Surat Al Falaq merupakan surat yang ke-113 dari 114 surat dalam Al quran. Dimana Surat ini terdiri dari 5 ayat yang setiap ayatnya cukup pendek. Surat ini diturunkan di kota mekkah. Surat Al Falaq sendiri  memiliki arti waktu Subuh, sesuai dengan maknanya dalam ayat pertama. Meskipun suratnya pendek namun surat Al falaq memiliki keistimewaan tersendiri yang patut dijadikan pelajaran bagi kita.

Bacaan Surat Al Falaq Beserta Arti dan Terjemahannya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

1

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

qul a'ụżu birabbil-falaq

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

2

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

min syarri mā khalaq

dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

3

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

wa min syarri gāsiqin iżā waqab

dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

4

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad

dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

5

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Kandungan Surat Al Falaq

Surat Al Falaq Merupakan Surat Mu’awwidzatain yang artinya ialah bahwa Surat al mu’awwidzatain termasuk dalam surat perlindungan atau dua surat yang melindungi. Dimana surat Al Falaq bersama surat An Nas termasuk dalam surat mu’awwidzatain. Oleh sebab itu, penggunaannya bisa diamalkan untuk mendapat perlindungan dari Allah dari berbagai bentuk kejahatan.

Kandungan Surat Al Falaq

Turunnya Surat Al Falaq bukan tanpa sebab, melainkan terdapat suatu peristiwa dan kejadian yang menimpa Rasulullah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, terdapat sebuah kisah yang disampaikan oleh seorang sahabat nabi bernama Zaid bin Arqam. Beliau mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mengalami sakit yang cukup parah yang cukup lama. Kemudian datanglah malaikat yang menyerupai manusia dan menyampaikan kepada Rasulullah SAW bahwa Nabi Muhammmad telah di sihir oleh seorang yahudi. Kemudian malaikat tersebut menjelaskan bahwa si tukang sihir telah memasang sebuah buhul yang diikat dan diletakkan di sebuah sumur. Kemudian Rasulullah meminta sahabat untuk mengambil buhul tersebut dari sumur.

Dengan bimbingan malaikat, buhul-buhul tersebut dilepas dengan mambaca surat Al Falaq dan surat An Nas.tidak lama kemudian Nabi Muhammad pun sembuh dan terlepas dari ikatan sang sihir.

Makna dari peristiwa tersebut, jelas kandungan surat Al Falaq mengandung bacaan yang meminta perlindungan kepada Allah yang Maha Melindungi dari kejahatan makhluk ciptaan-Nya. Baik dari sifat dengki maupun hasad termasuk tipu daya dan sihir. Semoga kita senantiasa tetap dalam lindungan Allah. Amin Ya Rabbal Alamin

Semoga bermanfaat

Baca surah Selanjutnya : Surah An Nas

 

 


Komentar

Popular Posts